Monday, March 17, 2014

Tentang Teori Komputasi

Teori komputasi adalah cabang ilmu komputer dan matematika yang membahas apakah dan bagaimanakah suatu masalah dapat dipecahkan pada model komputasi, menggunakan algoritma. Bidang ini dibagi menjadi dua cabang: teori komputabilitas dan teori kompleksitas, namun kedua cabang berurusan dengan model formal komputasi.

Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern.Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer  yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.

Komputasi modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
·         Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
·         Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
·         Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Teori Komputasi telah digunakan dalam berbagai bidang yang berguna dalam kehidupan. Bidang tersebut antara lain Matematika, Fisika, Kimia, Geografi, Geologi dan Ekonomi.
Teori ini juga seringkali diimplementasikan dalam Interpolasi, yaitu proses dalam mengestimasikan data yang belum diketahui menggunakan data yang telah diketahui.

Berbagai macam teknik interpolasi sering dipakai dalam sains atmosfer (bisa termasuk dalam Geologi dan Geografi). Salah satu contoh terapannya adalah memperkirakan eqully-spaced grid data lintang atau bujur dari data stasiun atau data grid dengan jarak non-konstan. Ramalan Cuacapun dapat didapatkan dengan teori komputasi dan teknik interpolasi tersebut.

Dalam bidang fisika dan kimia, teori komputasi juga sangat berguna. Dengan ini, seseorang dapat memperkirakan, memprediksi, atau juga mensimulasikan suatu kejadian kejadian alam yang bersifat fisika dan kimia. Seperti hal yang dapat saya temukan, dengan teori komputasi 
beberapa tenaga ahli dapat mengembangkan suatu framework untuk mengaplikasikan Teori kinetik transportasi antar muka untuk memprediksi permeabilitas uap air pada media berpori. Dan lewat framework tersebut mereka dapat menunjukan bahwa lintang permeabilitas uap air dapat dikurangi dengan besarnya efek hanya ketika serat dengan penampang aspek rasio tinggi yang dikemas dalam konfigurasi periodik yang membingungkan.

Permeabilitas maksimum dicapai pada skala panjang mikro-struktural menengah, di mana fase gas difusi ditingkatkan oleh difusi permukaan, tetapi tidak dibatasi oleh kinetika pertukaran antarmuka.

Contoh lain penerapan untuk teori komputasi, Geometri (Matematika). Dari kedua hal ini telah ditemukan suatu cabang ilmu baru yaitu Geometri komputasi. Geometri komputasi adalah cabang ilmu komputer dikhususkan untuk mempelajari algoritma yang dapat dinyatakan dalam hal geometri. Beberapa masalah murni geometris muncul dari studi tentang algoritma geometrik komputasi, dan masalah tersebut juga dianggap sebagai bagian dari geometri komputasi

Misalnya, sebuah gedung art gallery membutuhkan kamera cctv yang cukup banyak untuk pengamanan. Namun, karena budget yang sangat ketat (tidak begitu banyak), pengelola hanya bisa memasang beberapa kamera saja.
Ketika kita menerjemahkan ini untuk notasi geometris komputasi, ' denah ' dari galeri ini hanya polygon sederhana. Dan dengan beberapa minyak siku, kita dapat membuktikan bahwa n / 3 kamera selalu cukup untuk poligon pada n simpul, tidak peduli seberapa berantakan itu. Buktinya sendiri menggunakan grafik ganda, beberapa teori graph, triangulations, dan banyak lagi.

Komputasi geometri adalah subjek yang jauh lebih kaya yang jarang mendapat perhatian yang cukup dari rata-rata ilmuwan pengembang / ilmuwan komputer ( kecuali Anda membuat permainan atau sesuatu ).

Dari sudut pandang teoritis, pertanyaan-pertanyaan dalam geometri komputasi sering sangat menarik, jawaban, menarik, dan jalan dimana mereka tercapai, bervariasi.