Saturday, June 14, 2014

Grid Computing

Grid Computing adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer yang terdistribusi dan terpisah secara geografis untuk memecahkan persoalan komputasi dalam skala besar.

Grid Computing adalah model TI yang kuat yang membantu Anda meningkatkan kerjasama dalam dan di luar organisasi Anda. Ketika dilakukan dengan benar, implementasi jaringan memungkinkan Anda untuk melalkukan virtualisasi sumber daya Anda dan berbagi mereka sebagai layanan di seluruh perusahaan Anda. Menggunakan berbagai produk, layanan, dan blok bangunan standar industri, kami membantu Anda membangun jaringan yang memecahkan masalah bisnis Anda.



Grid Computing memerlukan penggunaan perangkat lunak yang dapat membagi dan menyerahkan potongan program sebagai satu image sistem besar untuk beberapa ribu komputer. Salah satu kekhawatiran tentang grid adalah, bahwa jika salah satu bagian dari perangkat lunak pada node gagal, bagian lain dari perangkat lunak pada node lain mungkin gagal. Ini diringankan jika komponen yang memiliki komponen failover (Sebuah metode untuk melindungi sistem dari kegagalan, di mana standby equipment secara otomatis mengambil ketika sistem utama gagal.) di node lain, tapi masalah masih bisa timbul jika komponen mengandalkan buah perangkat lunak lain untuk mencapai satu atau lebih tugas komputasi grid. Image sistem besar dan perangkat keras yang terkait untuk mengoperasikan dan memelihara mereka, dapat berkontribusi untuk modal dan biaya operasional yang besar.

LHC Computing Grid

Salah satu Aplikasi yang terkenal dari teknologi grid computing adalah, teknologi tersebut digunakan untuk mendukung Large Hadron Collider di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir). LHC grid computing adalah aplikasi yang bersifat tertutup, karena hanya organisasi-organisasi tertentu memiliki akses ke sana.
Sebagai contoh utama dari penggunaan infrastruktur grid computing adalah untuk memaksimalkan efisiensi, LHC Computing Grid dapat menunjukkan kemanjurannya. Collider menghasilkan sekitar 27 TB data per hari, dan semua data harus dipindai untuk pembacaan yang menarik - suatu prestasi yang akan hampir mustahil bahkan pada superkomputer yang lebih cepat.

Kelebihan dan Kekurangan dari Grid

Beberapa kelebihan dari grid computing adalah:
  1. Perkalian dari sumber daya: Resource pool dari CPU dan storage tersedia ketika idle.
  2. Lebih cepat dan lebih besar: Komputasi simulasi dan penyelesaian masalah dapat berjalan lebih cepat dan mencakup domain yang lebih luas.
  3. Software dan aplikasi: Pool dari aplikasi dan pustaka standard,  akses terhadap model dan perangkat berbeda, metodologi penelitian yang lebih baik.
  4. Data: Akses terhadap sumber data global dan hasil penelitian lebih baik.
  5. Ukuran dan kompleksitas dari masalah mengharuskan orang-orang dalam beberapa organisasi berkolaborasi dan berbagi sumber daya komputasi, data dan instrumen sehingga terwujud bentuk organisasi baru yaitu virtual organization.
  6. Organisasi virtual sebagai hasil kolaborasi memberikan beberapa keuntungan lebih lanjut, di antaranya : Sumber daya dan orang-orang yang tersebar, dihubungkan oleh jaringan melintasi domain-domain admin, berbagi sumber daya, tujuan bersama, dinamis, fault-tolerant, tidak ada batas-batas geografis.
Kekurangan pada grid computing :
  1. Manajemen institusi  yang terlalu birokratis menyebabkan mereka enggan untuk merelakan fasilitas yang dimiliki untuk digunakan secara bersama agar mendapatkan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat luas.
  2. Masih sedikitnya sumber daya manusia yang  kompeten dalam mengelola grid computing.
  3. Kurangnya pengetahuan yang mencukupi bagi teknisi IT maupun user non teknisi mengenai manfaat dari grid computing itu sendiri.
Source :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_grid
http://www.ibm.com/developerworks/library/wa-cloudgrid/
http://www.computerworld.com/s/article/76946/Grid_Computing
http://h71028.www7.hp.com/enterprise/us/en/technologies/grid-computing-solutions.html
http://www.brighthub.com/environment/green-computing/articles/67601.aspx
http://zonacomplete.blogspot.com/2013/03/grid.html