Tuesday, April 24, 2012

Kriteria Website yang Baik


Website adalah suatu halaman yang dikoneksikan dengan internet, sehingga bisa dibuka oleh semua pengguna diseluruh dunia di manapun letaknya. Dan setiap website digunakan untuk  membagikan suatu informasi yang ditujukan pada kategori pengguna yang berbeda-beda. Untuk itu kita harus membuat bentuk website-nya sesuai dengan informasi yang ditampung oleh website dan juga memudahkan pengguna yang dituju untuk menggunakan website tersebut.

1. Desain
Website sebaiknya memiliki tampilan yang menarik, agar pengunjung yang dituju semakin tertarik pada informasi yang dibagikan. Selain itu website harus memiliki desain yang memudahkan pengguna untuk menggunakan website. Jangan sampai membuat pengguna bingung dengan desain website. Kadang-kadang sebuah website memiliki tampilan dengan hiasan-hiasan yang terlalu banyak. Hiasan-hiasan ini kadang malah membingungkan pengguna. Atau malah tampilan website yang terlalu biasa, juga bisa membuat user-interface yang kurang jelas. Berikan tampilan yang menarik dan juga berikan user-interface yang jelas.

2. Loading Time
Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi Loading time. Antara lain kecepatan web server dan ukuran dan jumlah file-file yang digunakan dalam website. Sebaiknya kita menyesuaikan kedua hal tersebut. Jangan sampai ukuran dan jumlah file terlalu besar untuk web server. Jangan juga menambahkan aplikasi-aplikasi atau fitur-fitur yang tidak menunjang website untuk mencapai tujuannya. Hal ini justru dapat melambatkan loading time tersebut. Dan jika loading time lama, hal ini dapat membuat pengguna kurang nyaman dengan website.

3. Pengelolaan
Updating harus mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang yang mempunyai hak untuk akses ke dashboard. Desain yang simpel tapi fungsional kadang-kadang lebih baik dan lebih tepat.

4. Hosting dan Domain
Pemilihan jenis dan letak hosting yang telah teruji handal. Pemilihan hosting sangat menentukan kestabilan sebuah website. Pertimbangan biaya juga patut diperhatikan bagi kalangan menengah ke bawah. Nama domain diusahakan singkat dan mudah diingat.

5. Kelengkapan Feature
Berikan fitur-fitur seperti: Forum, Messages Board, Download, Email, Chatting, Registrasi, Polling, Shopping Chart, Buku Tamu, Komentar. Fitur-fitur ini sebaiknya diberikan dalam website agar semakin memudahkan pengguna dalam penggunaan website.

Source:
http://kapisentra.com/blog/website-yang-baik
http://bukatoko.com/updates/blog/kriteria-website-yang-baik
http://www.sugengprabowo.com/wp-content/uploads/2011/12/jasa-pembuatan-website.jpg