Kata Pengantar
Terima kasih kepada Tuhan atas segala yang diberikan. Buku dengan judul
“WATER MODELLING” ini bertujuan untuk memberikan penjelasan seputar
water modelling dan penerapannya dengan menggunakan software blender.
Kami dari tim penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak I Made
Wiryana yang telah memberikan bimbingan maupun arahan kepada kelompok
kami sehingga kami bisa memahami tentang tugas yang telah diberikan oleh
bapak tersebut. Terima kasih juga kepada teman-teman kelas 3IA03 yang
telah turut membantu dalam memberikan informasi seputar cara pengerjaan
tugas ini. Kami dari tim penulis menyadari bahwa naskah buku yang kami
tulis bukanlah yang paling sempurna, sehingga jika ada penulisan nama
maupun materi yang salah kami memohon maaf.
Besar harapan kami dari tim penulis dengan adanya buku ini, pembaca
semakin tahu apa yang dimaksud dengan water modelling tersebut dan bisa
bermamfaat di kemudian hari.
Depok, Januari 2013
Tim Penulis
Part I Bab 1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Pada penulisan sofskill kali ini membahas tentang Desain Pemodelan
Grafik. Desain Pemodelan Grafik itu sendiri adalah suatu ilmu yang
mempelajari tentang teknik membuat sebuah objek, memanipulasi gambar dan
membuat sebuah gambar dapat terlihat seperti hidup (bergerak). Proses
ini sepenuhnya dilakukan oleh komputer. Di sini akan menjelaskan tentang
implemntasi water modelling. Water modelling adalah pemodelan air
dengan ciri yang dimiliki oleh air, baik jika diberi aksi maupun reaksi
air ketika diberi aksi. Dalam water modelling, kita menggunakan software
blender sebagai media untuk menginplementasikan water modelling.
Unsur yang digunakan dalam pembuatan water modeling ini sama seperti
unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut yaitu
adalah (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna)
membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip
tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan
(emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian
membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Water modeling yang kali ini kita buat adalah berupa pemodelan sebuah
air yang jatuh ke sebuah wadah, pemodelan tersebuat hanya terdiri dari
sebuah air yang jatuh kepada dari sebuah ketingiian tertentu ke sebuah
wadah atau bejana yang telah di buat sehingga wadah tersebut dapat
terisi penuh oleh air yang telah kita buat jatuh sebelumnya, di sini
kita membuatnya agar terlihat seperti aslinya (nyata) seperti yang kita
lihat sehari hari.
Proses pembuatan yang baik akan menghasilkan hasil yang sangat
memuaskan. Sedangkan proses pembuatan yang kurang baik akan membuat
hasil menjadi berantakan dan tidak menjadi yang diharapkan, sehingga di
sini di butuhkan keahliah dan kesabaran dan kerja kelompok yang baik
dalam pembuatan water modeling tersebut.
Adapun maksud dan tujuan dari pembuatan Water Modelling kali ini adalah :
1. Melengkapi salah satu syarat tugas yang di berikan dalam mata kuliah Desai Pemodelan Grafis guna menambah nilai sofskill
2. Mempersiapkan mahasiswa pada untuk dapat membuat hasil karya sesuai dengan bidang studi yang di jalani
3. Melatih kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam melakukan tugas dan pekerjaan kelompok.
4. Mendapatkan masukan baru, baik berupa ilmu pengetahuan, teknologi,
dan pengalaman diluar perkuliahan, sehingga diharapkan dapat
mensinergikan antara dunia perkuliahan dengan dunia kerja .
1.3 Metode Pembuatan
Di dalam pembuatan laporan ini, metode yang digunakan adalah sistim
kelompok dan pembagian tugas masing masing sesuai dengan kesepakatan
yang telah di berikan oleh ketua : Adapaun pembagian tugas dalam
pembuatan tugas Water Modeling kali ini adalah sebagai berikut:
1. Ketua : Indra umbantobing, Tugas : Mengatur jadwal pertemuan Mengatur
perencanaan kerja Mempertagung jawabkan semua aktivitas kerja secara
umum
2. Desiner/Programer : Fransisco Assisi Adiananta, Tugas : Desiner
bertanggung jawab atas tampilan dari konsep kerja baik dalam seni
menggambar maupun animasi yang akan dikerjakan
3. Programer 1: Budi Aziz, Tugas : Menginplementasikan hasil dari gambar ke dalam software aplikasi yang mendukung
4. Progremer 2 : Triaji Saputra, Tugas : Menginplementasikan hasil dari gambar ke dalam software aplikasi yang mendukung
5. Dokumentator : Zulfikar Anwar Aziiz, Tugas : Mendokumentasikan semua
kegiatan kerja, baik dari mulai kegiatan rapat hingga penulisan naskah
yang utuh.
1.4 Ruang Lingkup
Dalam penyusunan pembuatan water modelling ini kami membatasi ruang
lingkup yang akan kami bahas. Kami hanya akan membahas bagaimana proses
Pembuatan Water modeling yaitu berupa tumpahan sebuah air ke dalam wadah
atau bejana sehingga wadah tersebut terisi penuh dengan membuatnya
menjadi 3D sehingga terlihat sesuai dengan aslinya yang kita lihat
sehari hari, dengan sofware blender. Hasil yang akan dicapai disini
adalah membuat sedikit animasi/gambaran bagaimana water modelling itu
sehingga terlihat nyata sehingga dapat diimplementasikan dengan baik,
yaitu berupa tumpahan air ke dalam gelas.
1.5 Permasalahan Pokok
Adapun masalah yang akan dibahas dalam laporan Kuliah Kerja Praktek
yaitu: Proses pelaksanaan pembuatan Water Modeling, di sini kami juga
baru belajar sehingga kami harus mempelajari tentang water modeling
tersebut dan penggunaan perangkat lunak yang di gunakan dalam hal ini
Blender.
1.6 Sistematika Penulisan
Kami menyusun penulisan pembuatan Water Modeling kali ini menjadi lima
bab dan masing-masing dibagi kedalam subbab yakni sebagai berikut:
• BAB I : Pendahuluan Bab ini berisi pendahuluan yang menerangkan
tentang latar belakang, maksud dan tujuan penulisan, metode pengumpulan
data, ruang lingkup, permasalahan pokok, serta sistematika penulisan.
• BAB II: Konsep Water Modelling Bab ini berisi tentang Penjelasan
tentang konsep tersebut. Dapat menggunakan penjelasan matematika,
algoritma, contoh ataupun juga sejarah dikembangkannya konsep ini
termasuk orang yang mengembangkannya.
• BAB III: Perangkat lunak, perangkat bantu yang menerapkan konsep Water
Modelling tersebut. Didalam bab ini, penulis menjelaskan Perangkat
lunak, perangkat bantu yang menerapkan konsep Water Modellingtersebut.
• BAB IV: Kasus/contoh pemanfaatan perangkat lunak tersebut untuk konsep
Water Modelling Didalam bab ini, membahas tentang Kasus/contoh
pemanfaatan perangkat lunak tersebut untuk konsep Water Modelling .
• BAB V: Penutup dalam bab ini, menjelaskan mengenai saran dan isi
kesimpulan dari pembuatan water Modelling, dan mungkn saran-saran yang
berguna bagi kita semua terutama bagi kami pembuat yang berkaitan
tentang water modeling tersebut.
http://www.ziddu.com/download/21385390/Project.rar.html